Cara kerja mesin 2 langkah dan 4 langkah - Download

Download

review tutorial software hardware tips trik video tutorial

Post Top Ad

2018/03/07

Cara kerja mesin 2 langkah dan 4 langkah

Bagaimana cara kerja mesin motor dengan mesin 2 langakah dan juga 4 langkah? dan perbedaannya apa ya. Apakah asal buat saja atau ada hitungannya. Simak artikel berikut ini:
Melihat berbagai merk kendaraan bermotor di sekitar lingkungan kita, sempatkah sobat berguman apa saja dan bagaimana sebuah kendaraan bermotor dapat berjalan? di artikel kali ini kami akan memberikan suatu perbedaan, cara kerja mesin 2 langkang dan 4 langkah.
1. Cara Kerja Mesin Dua Langkah
Pada bagian awal dijelaskan bahwa mesin dua langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus di dalam silinder. Usaha (langkah tenaga) dihasilkan pada setiap putaran poros engkol
Mesin 2 langkah dalam bentuk sederhana
Pada mesin dua langkah campuran udara-bahan bakar dikompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik kedalam crankcase dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran.
Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran). Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer.

Cara kerja mesin 2 langkah
Di bawah piston
Sewaktu piston bergerak keatas menuju TMA ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa (vakum). Lubang pemasukan terbuka. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol (disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol.
Langkah Isap Dan Kompresi
Setengah putaran pertama atau 1800
Piston bergerak dari TMB ke TMA

Di atas piston
Disisi lain lubang pemasukan dan lubang buang tertutup oleh piston, sehingga terjadi proses langkah kompresi disini. Dengan gerakan piston yang terus ke atas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA busi akan melentikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi (langkah ini disebut langkah compresi

Di atas piston
Ketika piston mencapai TMA campuran gas segar yang dikompresikan dinyalakan oleh busi. Gas yang terbakar mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga sehingga mendorong piston memutar poros engkol melalui connecting rod sewaktu piston bergerak kebawah menuju TMB (langkah usaha).

Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang (langkah buang)
Langkah Usaha Dan Buang
Setelah putaran ke dua atau 3600
Piston bergerak dari TMA ke TMB

Di bawah piston
Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang dibuka, maka saluran bilas (saluran transfer) mulai terbuka oleh tepi piston. Ketika piston membuka lubang transfer segera langkah pembuangan telah dimulai. Gas baru yang berada di bawah piston terdesak, campuran yang dikompresikan tersebut mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar (proses ini disebut pembilasan)

Keuntungan Dan Kerugian Mesin Dua Langkah
a. Keuntungan :
  • Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
  • Tidak memerlukan klep, komponen part lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah
  • Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus
  • Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar
  • Proses pembakaran terjadi 2 kali, sehingga tenaga lebih besar
b. Kerugian :
  • Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi
  • Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
  • Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
  • Putaran rendah sulit diperoleh
  • Konsumsi pelumas lebih banyak.
Sepeda motor yang menggunakan mesin dua langkah :
- Yamaha
- Yamaha RX King
- Yamaha RX S
- Yamaha Alfa
- Suzuki Tornado GS
- Vespa Super
- Vespa PX
- Suzuki Tornado GX
Ciri-ciri umum sepeda motor mesin dua langkah:
  1. Sistem pelumasannya dicampurkan kedalam bensin maka gas buang mesin dua langkah bewarna putih
  2. Suara mesin lebih halus karena setiap dua langkah terjadi satu kali pembakaran bensin
  3. Pemakaian bahan bakar lebih boros
  4. Menggunakan dua fungsi pelumasan yaitu untuk melumasi ruang engkol, piston, dan dinding silinder serta untuk melumasi transmisi.
  5. Memiliki dua buah ring piston, yaitu ring kompresi pertama dan ring kompresi kedua.
Ciri-ciri umum sepeda motor mesin empat langkah:
  1. Gas buang tidak berwarna (kecuali ada kerusakan)
  2. Bahan bakar lebih irit
  3. Menggunakan satu minyak pelumas untuk melumasi ruang engkol, piston, dinding silinder dan transmisi
Keuntungan Dan Kerugian Mesin empat langkah
a. Keuntungan mesin empat langkah:
  • Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).
  • Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.
  • Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli
  • Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektive rata-rata lebih baik
  • Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langkah
b. Kerugian mesin empat langkah:
  • Komponen dan mekanisme gerak klep lebih banyak, sehingga perawatan lebih sulit
  • Suara mekanis lebih gaduh
  • Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.
2. Cara Kerja Mesin Empat Langkah

Sebagaimana telah dikatakan di pendahuluan, mesin empat langkah memerlukan 2 putaran poros engkol (4 gerakan piston) untuk menyelesaikan 1 siklus didalam cylinder.

Sewaktu piston bergerak kebawah tekanan diruang pembakaran menjadi hampa (vakum). Perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa, mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan gas. Selanjutnya gas tersebut melalui klep pemasukan yang terbuka mengalir masuk dalam ruang cylinder.

Langkah isap (suction stroke)
Katup masuk terbuka, katup buang tertutup
Piston bergerak dari TMA ke TMB
Setelah melakukan pengisian, piston yang sudah mencapai TMB kembali lagi bergerak menuju TMA, ini memperkecil ruangan diatas piston, sehingga campuran udara-bahan bakar menjadi padat, tekanan dan suhunya naik. Tekanannya naik kira-kira tiga kali lipat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA terjadi letikan bunga api listrik dari busi yang membakar campuran udara-bahan bakar.

Sewaktu piston bergerak keatas, klep pemasukan tertutup dan pada waktu yang sama klep buang juga tertutup. Campuran diruang pembakaran dicompressi sampai TMA, sehingga dengan demikian mudah dinyalakan dan cepat terbakar.

Langkah kompresi (compression stroke)
Katup masuk dan katup buang tertutup
Piston bergerak dari TMB ke TM
Campuran terbakar sangat cepat, proses pembakaran menyebabkan campuran gas akan mengembang dan memuai, dan energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan tekanan pembakaran mendorong piston kebawah (TMB), selanjutnya memutar poros engkol melalui connecting rod

Langkah kerja (explosion/power) stroke)
Katup masuk dan katup buang masih tertutup
Piston bergerak dari TMA ke TMB

Sebelum piston bergerak kebawah ke TMB, klep pengeluaran terbuka dan gas sisa pembakaran mengalir keluar. Sewaktu piston mulai naik dari TMB, piston mendorong gas sisa pembakaran yang masih tertinggal keluar melalui katup buang dan saluran buang ke atmosfir.

Setelah piston mulai turun dari TMA klep pengeluaran tertutup dan campuran mulai mengalir kedalam cylinder.
Langkah pembuangan (exhaust stroke)
Katup masuk tertutup
Kaktup buang terbuka
Piston bergerak dari TMB ke
Saat membuka dan menutup klep pemasukan dan pengeluaran yang berhubungan dengan posisi piston disebut ”valve timing”
Diagram valve timing
Demikian uraian singkat mengenai mesin dua langkah dan 4 langkah, perbedaan dan cara kerjanya. Semoga sobat terbantu dengan artikel ini.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

#coment #like #subscribe YOUTUBE EBX

Moment pas untuk belajar, follow, like, subscribe ikuti kami di_-YOUTUBE SKULLBENJ EB Untuk melihat real live tutorial di website ini dan jangan lupa subscribe!!coment!! likenya dibagi